Kamis, 24 Februari 2011

MALIHAT OH... MALIHAT (2001)

Gunung Malihat, Ds. Busui, (November 2001)

Sebenarnya aku udah agak lupa tentang bagaimana proses pendakian gunung ini, tapi satu yang aku ingat yaitu betapa kerasnya perjuangan aku untuk bisa mencapai puncak.
Pendakian gunung Malihat (1300 m) ini dilakukan oleh sekitar 36 pendaki dari IMAPA UNMUL dan beberapa teman-teman mapala dari sul-sel yang kebetulan masih bertahan di PKM sejak kegiatan TWKM (Temu wicara kenal medan mapala se-indonesia) sebulan sebelumnya. Karena banyaknya jumlah pendaki, maka ketua tim membaginya menjadi 3 kelompok dengan jumlah pendaki masing-masing kelompok adalah 12 orang. Bisa dibayangin serunya kan...... Untuk memudahkan proses pendakian, tim kami telah menentukan pos-pos yang akan menjadi tanda/tempat beristirahat ataupun nge-camp pada malam hari. Telah di tentukan oleh team advance ada 7 pos, dengan waktu tempuh mencapai puncak yaitu 15 jam (baca: satu hari setengah) dengan medan menanjak/kemiringan 75 derajat.
Karena tidak di dukung dengan latihan fisik yang cukup, fisikku mulai ngedrop menuju pos 3. Ditambah hujan gerimis. Kemudian istirahat makan siang sekitar pukul 12.00.
Perjalanan di lanjutkan pukul 13.00 dan sampai pos 5 sekitar pukul 18.00 sore. Nge-camp dah kita di situ......

Keesokan harinya setelah sarapan pagi, kami melanjutkan perjalanan. Sekitar pukul 11.30 akhirnya kami mencapai puncak. Duuuh.... bahagianya. Menikmati indahnya panorama di Batu Kajang dari puncak Malihat sungguh merupakan sesuatu hal yang tidak akan terlupakan.

Rasa lelah setelah satu hari setengah berjuang untuk menggapai puncak kini telah terobati dengan menikmati indahnya pemandangan malam, kerlap kerlip lampu pedesaan dan juga bintang, ditambah hamparan danau buatan dan semilirnya angin malam yang menambah suasana hati jadi tentram. Sayangnya aku tidak punya banyak koleksi foto-foto selama di Malihat. Kalo penasaran pengen lihat (fotonya), datang aja ke PKM. Heheehe............

Keesokan harinya setelah sarapan pagi, kami bergegas turun gunung dan akhirnya kami tiba di desa Busui tepat jam 06.00 menjelang maghrib. So tired.......... perjalanan turun ini benar-benar memakan waktu hampir 12 jam. Tapi ternyata terjadi sebuah accident yang menimpa team terakhir (Tim 3), dimana salah satu anggotanya terkena paket (Jatuhan batu dari atas gunung/tebing) sehingga harus digendong karena tidak bisa berjalan sehingga sedikit memperlambat ruang gerak bagi anggota team yang lain. Sialnya lagi mereka sempat tersesat pada saat matahari mulai terbenam, tapi pada akhirnya dapat menemukan jalan pulang walaupun setibanya di desa sudah hampir jam 08.00 malam. Duuh... kasian deh pokoknya.

Setelah mendapatkan kendaraan pulang ke Samarinda, akhirnya kami meninggalkan desa Busui pada pukul 11 malam dan tiba di PKM keesokan harinya yaitu pada pukul 09.00 pagi. Gila ya.... karena kalo di hitung-hitung dari puncak Malihat, berarti perjalanan pulang kita hampir 22 jam, dengan waktu break di desa Busui cuma sekitar 3-5 jam saja. Rontok dah tulang2 ni rasanya........ But, it's not problem, because it was really a nice journey...... Next time, mau lagi deh ke sana kalo ada yang ngajak. ^_^