Selasa, 02 Agustus 2011

SILABUS 1011 KELAS XII

MATA PELAJARAN                     : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER                     : XII/ 5 – 6
STANDAR KOMPETENSI             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
KODE KOMPETENSI                   : 3
ALOKASI WAKTU                        : 148 jam pelajaran


KOMPETENSI
DASAR


INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
3.1.
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
3.1.1.    Ungkapan reservasi yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat
3.1.2.    Ungkapan keluhan yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat
3.1.3.    Ungkapan membuat kesepakatan/janji yang dilakukan oleh penutur asli dilakukan dengan tepat
3.1.4.    Ungkapan untuk memastikan dan membatalkan kesepakatan dilakukan dengan tepat
3.1.5.    Menentukan informasi tersirat dalam teks lisan
· Reservation
· Complaining
· Making Arrangement
· Cancellation

·   Listening :
- about reservation, complaining, making arrangement, cancellation and job interview
- completing dialogues
·   Speaking :
   - role playing based on the situation given
  

·  Performance :
- Role play : reserving, complaining, making arrangement
·   Written test :
- Mini TOEIC
7


Any related sources
3.2.
Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus

3.2.1.    Derivative words diterapkan dengan tepat
3.2.2.    Question tag diterapkan dengan tepat
3.2.3.    Gerund dan to-Infinitive digunakan dengan tepat
3.2.4.    Participle digunakan dengan tepat
3.2.5.    Causative digunakan dengan tepat
3.2.6.    Conditional Sentence digunakan dengan tepat

·   Words families
   (manage – management – managed)
·   Question tag
-     You are a students, aren’t you?
·   Gerund / to-Infinitive
-     Reading is my hobby
·   Present & Past Participle
-     I see a bird singing on the tree
·   Causative sentence
-     I have my sister iron my uniform
-     I have my car fixed
·   Conditional Sentence (Type 1, 2, 3 )
-     I will come if you invite me
-     If I were you, I would be very happy
-     You would not have got the accident if you had been careful
·   Reading :
- vocabulary
-getting specific information
·   Writing :
- completing sentence
-composing sentence
·  Written test :
- Mini TOEIC

7


Any related sources
3.3.      
Memahami instruksi-instruksi sederhana
3.3.1.    Proses kerja dijelaskan dengan tepat
3.3.2.    Berbagai ungkapan menyatakan keharusan dan kewajiban digunakan dengan tepat
3.3.3.    Menentukan informasi umum dari teks tertulis
3.3.4.    Menentukan informasi umum dari teks lisan
· Process of work
· Necessity and Obligation
-     We need plug this cord before turning the button on
· Procedure Texts
·   Listening :
- getting general idea
- completing sentence
- about necessity and obligation
·   Speaking :
- describing work process
- pair dialog about learned expression
·   Reading : getting general idea
·   Writing : describing work process
·  Performance :
- Role play : giving and describing instruction of work equipment and process
·  Written Test :
- Mini TOEIC
3


Any related sources
3.4.
Memahami manual penggunaan peralatan
3.4.1.    Pertanyaan yang terkait dengan isi manual penggunaan alat dijawab dengan tepat
3.4.2.    Petunjuk penggunaan peralatan diungkapkan kembali dengan tepat
3.4.3.    Menentukan informasi rinci dalam teks lisan
3.4.4.    Menentukan informasi rinci dalam teks tertulis

· Texts of manual instruction of work equipments




·   Listening :
- getting detail information
- completing paragraph
·   Speaking :
- describing instruction of work equipment
·   Reading :
- getting specific information
- getting detail information
- getting main idea
·   Writing : making paragraph of instruction
·  Performance :
- describing instruction of work equipment
·  Written test :
- Mini TOEIC
3


Any related sources
3.5.
Memahami dokumen-dokumen tehnis
3.5.1.    Pertanyaan yang terkait dengan isi Standard Operation Procedure (SOP) dijawab dengan tepat
3.5.2.    SOP ditempat kerja praktek industri diungkapkan kembali dengan tepat
3.5.3.    Menentukan informasi tertentu dalam teks tertulis
3.5.4.    Menentukan pikiran utama dalam teks tertulis
· Texts of Standard Operation Procedures
·   Speaking : describing SOP
·   Reading :
- getting specific information
- getting main idea
·   Writing : making paragraph of SOP
·  Performance :
- describing SOP
·  Written test :
- Mini TOEIC
3


Any related sources
3.6.
Menulis surat-surat bisnis sederhana
3.6.1.    Pertanyaan yang terkait dengan isi surat bisnis dijawab dengan tepat
3.6.2.    Isi surat bisnis diungkapkan kembali dengan benar
3.6.3.    Surat-surat bisnis dibalas dan ditulis dengan benar
· Business letters
-     Offering letter
-     Ordering letter
-     Inquiry letter

·   Speaking :
- telling the content of business letter
·   Reading :
- getting specific information
- getting detail information
- getting main idea
·   Writing :
- writing business letters
·  Performance :
- Writing business letters

4


Any related sources
3.7.
Membuat pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata tulis yang berterima
3.7.1.     Pesan-pesan pendek dibuat dengan pilihan kata yang tepat
3.7.2.     Petunjuk dan daftar dibuat dengan tepat

· Text containing message, instruction dan lists 

·   Speaking :
   - describing what the students made
·   Reading :
- getting general idea
·   Writing :
- completing sentence
- writing messages, instruction and lists
·  Performance :
- Telling about messages, instruction and lists made by one’self
·  Written test :
- Mini TOEIC
4


Any related sources
3.8.
Menyajikan laporan
3.8.1.    Outline laporan ditulis dengan singkat dan padat
3.8.2.    Laporan disajikan secara lisan dalam bentuk presentasi yang benar
3.8.3.    Laporan disajikan dalam bentuk laporan tertulis
· Presentation Skills :
- how to open a speech
- how to propose ideas
- how to elaborate ideas
- how to close a speech
- how to handle questions
- how to use body
- how to maintain audience
- how to use presentation’s aid
·   Speaking :
- presenting report
·   Writing :
  - writing report
·  Performance :
- Presentation

14


Any related sources
3.9.
Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
3.9.1.    Menemukan informasi umum dalam monolog
3.9.2.    Menemukan informasi rinci dalam monolog
3.9.3.    Menuliskan kembali isi monolog (taking notes)
· TOEIC
·   Listening :
- describing pictures
- giving responses
- getting information from dialogue
- getting information from short talks
·   Reading :
- completing dialogue
- identifying error structure
- getting information from texts
- vocabulary
·  Written test :
- TOEIC
3


Any related sources

Tidak ada komentar:

Posting Komentar