Selasa, 02 Agustus 2011

SILABUS 1011 KELAS XI


MATA PELAJARAN             : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             : XI / 3 dan 4
STANDAR KOMPETENSI     : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary
KODE KOMPETENSI           : 2
ALOKASI WAKTU                : 148 jam pelajaran


KOMPETENSI
DASAR


INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI

2.1.
Mengungkapkan berbagai macam maksud hati
2.1.1.    Berbagai ungkapan menyatakan pilihan digunakan dengan tepat
2.1.2.     Berbagai ungkapan untuk melakukan tawar-menawar digunakan dengan tepat
2.1.3.    Berbagai ungkapan menyatakan pendapat digunakan dengan tepat
2.1.4.    Berbagai ungkapan untuk menyatakan persetujuan/ketidaksetujuan digunakan dengan tepat

2.1.5.    Berbagai ungkapan menyatakan kepastian digunakan dengan tepat
· Preferrence
-     I like tea better than coffee
-     I prefer reading to sport
· Bargaining
-     Is there any discount for this shirt?
-     How about fifty thousand rupiahs?
· Asking and giving opinion
-     What I have in my mind is that....
-     I think it’s not true
· Agree/disagree
-     You’re right
-     I’m afraid you’ve got wrong idea
-     That may be so but...


· Certainty
-     I’m sure that it’s going to rain this afternoon

·   Listening :
- about preference, , bargaining, opinion, agreement and causative, certainty
- completing dialogue
·   Speaking :
- pair dialogue based on the situation given
- debate

·  Performance
- Role play based on the situation given
- Debate
·  Written test
- Mini TOEIC

6


Any related sources
2.2.
Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli
2.2.1.    Berbagai ungkapan dalam situasi travel agent diterapkan dengan tepat.
2.2.2.    Berbagai ungkapan dalam situasi shopping diterapkan dengan tepat
2.2.3.    Berbagai ungkapan dalam situasi restaurant diterapkan dengan tepat
2.2.4.    Berbagai ungkapan dalam situasi hotel diterapkan dengan tepat
2.2.5.    Berbagai ungkapan menangani customer dan tamu digunakan dengan tepat
2.2.6.     Menentukan informasi tertentu dalam teks lisan
· At the travel agent
-     What can I do for you?
-     I’d like to reserve two tickets, please
· At the store
-     What do you need?
-     I need a long-sleeve shirt
-     How much is it?
· At the restaurant
-      Are you ready to order?
-     What are you recommend?
-     I hope you enjoy the food
-     Here is the bill
· At the hotel
-     Welcome to our hotel
-     I’d like to book  a double room for Saturday night
-     TV in room 12 doesn’t work
· Handling customer
-     Excuse me, what can I do for you?
-     I’d like to reserve...
·   Listening :
- about situation at travel agent, shops, restaurant, hotel
- about expression of handling customer
- completing dialogues
- getting specific information
·   Speaking :
- pair dialogue of handling customer
- role playing based on the given situation

·  Performance :
- Role play for the situation given
·         Written test :
   - Mini TOEIC
7


Any related sources
2.3.
Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat
2.3.1.    Berbagai ungkapan penanganan telpon digunakan dengan tepat
2.3.2.    Pesan telepon ditulis dengan tepat
2.3.3.    Menentukan informasi tersurat dalam teks lisan
· Handling telephone
-     Can I speak to Mr. Joko?
-     Hold the line, please?
· Writing Message
·   Listening :
- conversation on telephone
·   Speaking :
- handling telephone
- telling message
·   Writing :
- completing message
- writing message
·  Performance
- Role play : handling telephone and telling message
·  Written test :
- Mini TOEIC
4


Any related sources
2.4.
Merinci tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang dimiliki secara lisan dan tulisan
2.4.1.    Curriculum Vitae ditulis dan dijelaskan dengan tepat
2.4.2.    Berbagai ungkapan dalam interview pekerjaan digunakan dengan tepat
2.4.3.    Present Perfect Tense diterapkan dengan tepat
2.4.4.    Present Perfect Continuous diterapkan dgn.tepat
2.4.5.    Menentukan informasi tersirat dalam teks tertulis
2.4.6.    Menentukan main idea dari teks tertulis
· Curriculum Vitae
· Job interview
-     I was born in Japan
-     I don’t have an important experince, but I’m sure I can
· Present Perferct Tense
-     I have eaten lunch, I’m full now
·   Present Perfect Continuous
-     I have been living in Tanah Grogot since 2002
· Texts of dialogues
· Job vacancies
· Application letters

·   Listening :
- about job interview
·   Speaking :
- taking job interview
- telling self-curriculum vitae
·   Reading :
- getting specific information
- getting hidden information
- getting main idea
·   Writing :
- completing curriculum vitae
- writing curriculum vitae

·  Performance
- Taking job interview
·  Written test :
- Mini TOEIC
8


Any related sources
2.5.
Menceritakan pekerjaan dimasa lalu dan rencana kerja yang akan datang
2.5.1.    Berbagai ungkapan menjelaskan facts and figures digunakan dengan tepat
2.5.2.    Rencana kerja ditulis dan dijelaskan dengan tepat
2.5.3.    Future Tense diterapkan dengan tepat
2.5.4.    Menentukan informasi umum dalam teks tertulis
· Facts and Figures
· Planning program
· Future tense
-     I will go to Balikpapan on Sunday
· Descriptive texts


·   Listening :
- about work planning
·   Speaking :
- describing facts and figures
- describing work planning
·   Reading :
- getting general idea
·   Writing :
- writing work planning

·  Performance
- Role play : meeting about work report and planning
·  Written test :
- Mini TOEIC
4


Any related sources

Tidak ada komentar:

Posting Komentar